Pembuatan Slip Gaji Karyawan – Setiap pekerja pasti akan mendapatkan upah atau imbalan atas pekerjaannya yang sering disebut Gaji. Gaji diberikan oleh perusahaan dimana pekerja itu bekerja. Besarnya gaji yang diterima karyawan dari perusahaan akan tertera pada slip gaji yang selalu diberikan setiap bulannya. 

Slip gaji pekerja dari perusahaan berupa dokumen di selembar kertas dan mencantumkan segala detail mengenai pembayaran. Slip gaji ini akan berfungsi sebagai dokumentasi untuk perusahaan sebagai pemberi gaji kepada karyawan.  Oleh karena itu perusahaan sebagai pihak yang membayar gaji harus memahami tata cara pembuatan slip gaji tersebut dengan benar.

Apa itu Slip Gaji?

Apa itu Slip Gaji

Slip gaji adalah dokumen yang dikeluarkan oleh perusahaan (pemberi kerja) kepada karyawan, berisi rincian dari pendapatan dan pemotongan karyawan untuk periode gaji tertentu yang bisa mingguan, dua mingguan, bulanan dll.

Slip Gaji Karyawan umumnya didistribusikan baik dalam bentuk hard copy dengan mengambil cetakannya atau dipublikasikan melalui portal online yang disebut layanan mandiri karyawan. Sebuah perusahaan secara hukum diwajibkan untuk memberikan salinan slip gaji kepada setiap karyawan dalam daftar penggajiannya.

Slip gaji penting bagi karyawan karena berbagai alasan. Oleh karena itu, pemberi kerja harus memastikan slip gaji dihasilkan pada akhir setiap siklus pembayaran dan didistribusikan kepada karyawan. Pembuatan Slip Gaji Karyawan diperlukan ketika akan memasuki waktu penggajian, biasanya tim penggajian disibukkan untuk menyiapkan slip gaji baik secara hardcopy maupun softcopy. 

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 78 tahun 2015 Pasal 17 Ayat 2, pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah yang memuat rincian upah yang diterima oleh Pekerja / Buruh pada saat upah dibayarkan, sehingga jelas bahwa perusahaan berkewajiban untuk memberikan slip gaji setiap bulannya kepada karyawan atau sesuai dengan kesepakatan yang tertuang di Peraturan Perusahaan atau Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

Alasan Mengapa Slip Gaji Sangat Dibutuhkan oleh Karyawan?

Slip Gaji Sangat Dibutuhkan

1. Slip gaji berisi pemecahan gaji karyawan, yang dapat membantu mereka memahami gaji yang dibawa pulang, pajak yang dibayarkan kepada pemerintah dan pembayaran wajib lainnya seperti pajak penghasilan, kontribusi Dana Pensiun , asuransi karyawan, dll.
2. Berbagai lembaga keuangan merujuk slip gaji untuk menilai kelayakan kredit untuk memberikan pinjaman atau yang lainnya.

Contoh :

Kredit Alat / Elektronik
KPR (Kredit Pemilikan Rumah)
Kredit tanpa Agunan
Kredit Kendaraan

Contoh Slip Gaji

Berdasarkan peraturan diatas juga disebutkan bahwa slip gaji harus memuat rincian upah yang diterima karyawan di periode tersebut.  

Dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 78 tahun 2015 Pasal 5 disebutkan bahwa Upah terdiri atas beberapa komponen :

  • Upah tanpa tunjangan
  • Upah pokok dan tunjangan tetap
  • Upah pokok, tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap

Upah tersebut juga pasti tertuang dalam di Peraturan Perusahaan (PP) atau Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang sudah disepakati antara pihak perusahaan dan juga karyawan. Jika pekerja menerima tunjangan di tempat kerja, seperti asuransi kesehatan perusahaan, mobil perusahaan, atau bonus apa pun, ini akan ditunjukkan dengan jelas pada slip gaji.

Pada umumnya PP maupun PKB telah dilengkapi dengan info mengenai potongan absensi, iuran koperasi, potongan iuran BPJS Ketenagakerjaan & BPJS Kesehatan, hingga Bonus dan THR yang telah disepakati kedua belah pihak.

Template Slip Gaji

Sebelum melihat template slip gaji, akan berguna untuk memahami format template slip gaji. Template slip gaji digunakan oleh banyak SDM. Dibawah ini kami akan jelaskani bagian-bagian yang perlu diperhatikan dalam pembuatan slip gaji.

Informasi Pribadi

Template slip gaji harus dimulai dengan menampilkan nama dan alamat karyawan, disertakan pada template untuk tujuan identifikasi.

Nomor Penggajian

Perusahaan menggunakan nomor ini untuk mengidentifikasi individu dalam daftar gaji mereka. Ini pada dasarnya adalah alat identifikasi karyawan.

Masa Pajak

Angka-angka yang dimasukan mewakili masa pajak untuk slip gaji tersebut. 

Kode Pajak

Kode ini dikeluarkan oleh dokumen pajak pemerintah Federal, yang digunakan untuk menentukan tarif persentase seseorang dikenakan pajak.

Panduan Pengusaha untuk Pajak Penggajian

Pajak Penggajian

Gaji kotor

Ini memberi label jumlah gaji yang diterima karyawan sebelum pajak dan pemotongan lebih lanjut.

Gaji bersih

Ini menyatakan gaji dibawa pulang karyawan setelah semua pajak dan pemotongan lainnya dilakukan.

Year to Date (YTD)

YTD mengacu pada periode waktu yang dimulai pada hari pertama kalender atau tahun fiskal berjalan hingga tanggal saat ini. Ini didasarkan pada pendapatan kotor karyawan dan ditampilkan untuk menunjukkan semua pendapatan yang diterima oleh karyawan hingga saat ini pada tahun itu di perusahaan itu.

Nomor Keamanan Sosial

Ini adalah nomor jaminan sosial pribadi karyawan. Ini digunakan oleh pihak berwenang untuk mengidentifikasi individu. Setiap pemotongan yang dilakukan untuk jaminan sosial di bawah nomor ini akan dicatat terhadap nama karyawan tersebut.

Beban

Jika seorang karyawan mengeluarkan biaya di muka, pemberi kerja akan melakukan penggantian pada slip gaji langsung kepada karyawan tersebut. Ini bisa terjadi dalam kasus pemesanan perjalanan bisnis di muka atau untuk kebutuhan sehari-hari selama perjalanan.

Pensiun

Bagian ini menyatakan jumlah yang diambil dari gaji kotor dan dipotong untuk kontribusi pensiun karyawan. Perlu diingat, ini memungkinkan karyawan untuk melihat berapa persentase gaji mereka yang disimpan dalam skema pensiun perusahaan.

Kesimpulan Slip Gaji

Melihat informasi yang telah dijelaskan di atas, maka sudah jelas bahwa ini akan membantu setiap SDM dalam mencari bantuan dengan penggajian dan pembuatan slip gaji. Daftar periksa ini penting untuk memastikan tidak ada yang terlewat.  Menggunakan jasa layanan outsource penggajian adalah hal yang tepat dalam membantu menjalankan bisnis anda. Oleh sebab itu ada baiknya mencoba Layanan di kami ‘’Indoservice’’ Perusahaan yang bergerak di bidang jasa Konsultan Perpajakan, Akuntan dan Penggajian yang terbaik yang menawarkan Layanan Perhitungan Gaji dengan Sitem perhitungan penggajian yang akurat dan software yang terbaik serta pembuatan slip gaji yang modern.

Di Indoservice, kami memiliki tim profesional berdedikasi yang akan bekerja dengan kebutuhan layanan sistem penggajian yang baik untuk bisnis Anda. Anda dapat mengandalkan kami untuk memberikan layanan berkualitas yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa menghubungi kami di Telp. atau Layanan Pesan (chat) +6281818811887 & +6287714498500 atau email di admin@indoservice.co.id untuk mendapatkan harga spesial dari kami. 

Pemberitahuan Penting:

  1. Informasi ini diperoleh dari: https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-slip-gaji-contoh-dan-cara-membuatnya/ dan beberapa sumber lainnya.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat