Apakah Tenaga Kerja Asing Bebas Pajak? – Disahkannya UU Cipta Kerja oleh pemerintah Indonesia membuat cukup banyak polemik di dalam dunia perekonomian Indonesia itu sendiri, bidang perpajakan salah satu cluster yang tersentuh dalam UU Cipta Kerja, namun hal ini tentu bertujuan untuk mendorong dan mendukung perekonomian Indonesia ke arah yang lebih baik, mengingat keadaan ekonomi dunia sangat terpukul dengan adanya pandemic ini, salah satu sasaran kebijakan di dalam perpajakan UU Cipta Kerja adalah meningkatkan kepastian hokum yang salah satu isinya mengatur tentang ketentuan subjek pajak orang pribadi dalam hal ini WNA dan WNI, tentu saja hal ini membuat para calon tenaga kerja asing atau tenaga kerja asing yang sudah berada dan bekerja di Indonesia bertanya, apakah tenaga kerja asing bebas pajak? Jawaban nya tidak.

Direktur Jenderal Pajak Kementrian Keuangan Suryo Utomo memastikan UU Cipta Kerja tidakmembebaskan kewajiban pajak pada TKA (tenaga kerja asing), akan tetapi pemerintah hanya memungut Pajak Penghasilan (PPh) pekerja asing atas pendapatan yang diterima di Indonesia selama empat tahun pertama.

Warga Negara Asing Bebas Pajak

Jika setelah empat tahun, pekerja asing masing berada di Indonesia, maka pemerintah akan memberlakukan aturan pajak normal, basis pajak world wide income base adalah basis pajak pajak yang selama ini di anut oleh pemerintah Indonesia yang akhirnya membuat pemerintah hanya memberikankelonggaran untuk empat tahun awal agar menarik pekerja asing datang ke Indonesia.

Dalam UU Cipta Kerja beberapa ketentuan lama telah di ubah salah satunya dalam UU No. 26 tahun 2008 tentang pajak penghasilan (PPh). Berdasarkan draft final UU Cipta Kerja tersebut perubahan itu ada di dalam pasal 111 tentang perpajakan. Dalam UU Cipta Kerja tersebut pemerintah Indonesia membuka ruang bagi pekerja asing untuk bisa dikecualikan dari objek pajak alias bebas pajak penghasilan (PPh).

Namun, ada dua ketentuan yang perlu dilakukan dalam hal ini. Pertama pekerja asing harus memiliki keahlian tertentu. Kedua berlaku selama empat tahun pajak yang di hitung sejak menjadi subjek pajak dalam negeri.

Dengan banyaknya faktor dari penghasilan tersebut di atas, Indoservice hadir untuk memberikan pelayanan dalam menangani payroll dan perpajakan perusahaan anda, kami dapat membantu dalam seluruh pengurusan yang berkaitan dengan seluruh hal tersebut di atas, mulai dari mendaftarkan, melakukan perhitungan, pembayaran dan pelaporan atas seluruh kewajiban dan hak bagi karyawan dan perusahaan. Percayakan pekerjaan tersebut kepada kami, kami akan menyelesaikannya dengan baik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Sasaran Utama Perpajakan UU Cipta Kerja – Legal Service - […] Apakah Tenaga Kerja Asing Bebas Pajak? […]
  2. Apakah Tenaga Kerja Asing Bebas Pajak? – Legal Service - […] Source : https://indoservice.co.id/tenaga-kerja-asing-bebas-pajak/ […]

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat