Bantuan Subsidi BPJS Ketenagakerjaan – Pada 26 Agustus 2020, Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah dengan Komisi IX DPR RI di Gedung Parlemen untuk membahas penetapan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi karyawan yang bergaji dibawah 5 juta rupiah akan dicairkan pada tanggal 27 Agustus 2020.

Pencairan BLT untuk tahap pertama akan ditransferkan langsung ke rekening Pekerja dengan nominal 1,2 Juta dan besaran nominal tersebut sudah termasuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk bulan September dan Oktober, dan apa saja syarat, prosedur daftar rekening, dan cara cek dana?

Syarat Penerima Bantuan Subsidi BPJS Ketenagakerjaan

Syarat Penerima Bantuan Subsidi

Pemerintah telah memberlakukan persyaratan yang harus dipenuhi oleh penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) diantaranya sebagai berikut:

  1. Pekerja merupakan Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan; 
  2. Terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan yang dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan: 
  3. Peserta yang membayar iuran dengan besaran iuran yang dihitung berdasarkan upah di bawah Rp5 juta sesuai upah yang dilaporkan kepada BPJS Ketenagakerjaan; 
  4. Pekerja/buruh penerima upah; 
  5. Memiliki rekening bank yang aktif; 
  6. Tidak termasuk dalam peserta penerima manfaat program kartu Prakerja; 
  7. Peserta yang terdaftar sebagai peserta aktif di BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan bulan Juni 2020.

Prosedur Pendaftaran Rekening

Sipp Online BPJS

Bagi HRD yang belom mendaftarkan rekening karyawannya agar untuk segera didaftarkan agar program subsidi tersebut dapat berjalan dan sesuai dengan perintah Presiden Republik Indonesia, dan jika HRD sampai saat  belum mendaftarkan rekening karyawannya, maka akan ada sanksi berupa teguran hingga penghentian pelayanan publik bagi perusahaan.

Untuk prosedur daftar rekening bagi Penerima Subsidi yang belum mendaftarakan nomor rekening karyawannya dapat melalui Aplikasi SIPP Online, tahap pendaftaran sebagai berikut:

  1. Akses https://sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id/;
  2. Login dengan email dan password yang telah terdaftar; 
  3. Pilih menu monitoring “iuran”; 
  4. Klik detail tenaga kerja pada kolom action; 
  5. Kemudian akan tampil informasi tenaga kerja; Pilih “koreksi data TK masal”; 
  6. Download template excel; 
  7. Isi data Nomor rekening, Nama rekening dan Nama Bank; 
  8. Kemudian pilih upload setelah selesai pengisian tabel; 
  9. Tunggu hingga prosesnya selesai; 
  10. Akan ada notifikasi yang artinya data Anda telah tersimpan. 

Cara Cek Dana Subsidi BPJS Ketenagakerjaan

Cara Cek Dana Subsidi

Bagi Penerima Bantuan Subsidi yang mengaktifkan layanan SMS Banking, pihak bank akan memberikan informasi melalui SMS jika dana subsidi Rp1,2 juta sudah masuk ke rekening Anda. 

Bagi Penerima Bantuan Subsidi tidak mengaktifkan SMS Banking tetapi mengaktifkan Mobile Banking atau Internet Banking, Anda bisa melihat mutasi masuk, Jika subsidi upah sudah masuk maka akan terlihat di mutasi masuk yang ada pada Internet Banking atau Mobile Banking.

Dan jika Penerima Bantuan Subsidi tidak mengaktifkan seluruh layanan tersebut, maka bisa mendatangi ATM dan secara manual melihat apakah saldo rekening Anda sudah bertambah.

Jika Anda masih belum mempunyai BPJS Ketenagakerjaan. Kami, Indoservice dapat membantu Anda mendaftarkan diri atau perusahaan Anda ke BPJS Ketenagakerjaan. Segara hubungi kami untuk mendapatkan layanan konsultasi, penawaran, dan harga terbaik dengan menelepon/WhatsApp di 0818-1881-1887 atau bisa juga melalui email ke admin@indoservice.co.id.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat