Pendaftaran BPJS Kesehatan Karyawan – dapat dilakukan oleh perusahaan jika karyawan belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, namun jika karyawan telah terdaftar sebagai peserta, perusahaan dapat memigrasi status karyawan tersebut dan mendaftarkannya sebagai peserta BPJS Kesehatan dalam perusahaan.

Dalam melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan, terdapat beberapa tipe yang menentukan syarat yang harus dipenuhi dalam mendaftarkan jenis peserta berdasarkan tipe tersebut, namun kita hanya akan menjelaskan 1 (satu) tipe yang spesifik saja, berikut adalah syarat-syarat mendaftar BPJS Kesehatan untuk Pekerja Penerima Upah (PPU). Tipe BPJS ini biasanya didaftarkan oleh kantor atau instansi di mana kamu bekerja. Perusahaan akan mendaftarkan secara kolektif kamu dan juga anggota keluarga kamu. Berikut beberapa persyaratan yang dibutuhkan:

1. Formulir registrasi dari badan usaha atau badan hukum.
2. Data migrasi karyawan beserta anggota keluarga sesuai dengan format yang ditentukan oleh pihak BPJS Kesehatan.
3. Perusahaan akan menerima virtual account untuk melakukan pembayaran melalui bank yang bekerja sama.
4. Perusahaan lalu membawa bukti pembayaran ke kantor BPJS Kesehatan untuk bisa mencetak kartu JKN.

Syarat cara daftar BPJS Kesehatan secara online jika kamu berencana untuk mendaftar BPJS dengan cara online bisa dilakukan melalui website jkn.kemkes.go.id atau aplikasi Mobile JKN, pastikan kamu sudah mempersiapkan berkas sesuai jenis kepesertaan yang ada di atas. Setelah itu, kamu juga mungkin akan membutuhkan berkas berikut ini:

1. KTP
2. Kartu Keluarga
3. Alamat email
4. Nomor HP yang masih aktif

Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online

Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online

1. Kunjungi Situs Resmi BPJS Kesehatan

Cara daftar BPJS kesehatan online yang pertama kali harus kamu lakukan adalah membuka website resmi BPJS Kesehatan. Sebelum kamu mendaftarkan diri, pihak BPJS kesehatan akan memberikan beberapa prosedur pengarahan dan permintaan persetujuan dari calon peserta BPJS kesehatan. Kemudian kamu akan diminta untuk memberi tanda ceklis pada kotak yang tersedia di paling bawah sebelum melanjutkan proses pendaftaran.

2. Isi Data Diri dengan Benar dan Lengkap

Kamu harus mengisi data-data seperti nomor kartu keluarga (KK) dengan cara masukkan kode captcha sesuai gambar yang muncul, kemudian klik inquery kartu keluarga. Kemudian isi data yang dibutuhkan pada form isian data peserta. Seperti nomor NPWP, kelurahan/desa, nomor HP, dan alamat tinggal. Lalu, centang kotak pernyataan bahwa alamat yang digunakan sesuai dengan alamat KTP.

3. Pilih Kelas dan Sarana Fasilitas Kesehatan

Setelah kamu selesai mengisi data diri, lalu kamu harus memilih kelas fasilitas kesehatan, pilihan rumah sakit untuk rujukan, dan lampiran akhir untuk warga negara asing (WNA) yang ingin mendapatkan fasilitas BPJS Kesehatan. Pilihlah kelas kesehatan sesuai keinginan kamu, mulai dari kelas I, II, III. Di mana setiap kelas memiliki biaya iuran per bulannya yang berbeda-beda.

Iuran BPJS Kesehatan untuk PPU dan keluarga PPU atau Pekerja Penerima Upah yang terdiri dari anak ke 4 dan seterusnya, ayah, ibu dan mertua, besaran iuran sebesar sebesar 1 persen dari dari gaji atau upah per orang per bulan, dibayar oleh pekerja penerima upah. Berikut besaran iuran dan kelas BPJS Kesehatan bagi kerabat lain dari pekerja penerima upah (seperti saudara kandung/ipar, asisten rumah tangga, dll):

a. Sebesar Rp. 42.000 per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas III. Khusus untuk kelas III, bulan Juli – Desember 2020, peserta membayar iuran sebesar Rp. 25.500. Sisanya sebesar Rp. 16.500 akan dibayar oleh pemerintah sebagai bantuan iuran. Per 1 Januari 2021, iuran peserta kelas III yaitu sebesar Rp. 35.000. Sementara pemerintah tetap memberikan bantuan iuran sebesar Rp. 7.000.
b. Sebesar Rp. 100.000 per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas II.
c. Sebesar Rp. 150.000 per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas I.

4. Balasan Registrasi akan Dikirim via Email

Setelah melengkapi data pribadi, tahapan cara daftar BPJS kesehatan online selanjutanya adalah simpan dan tunggu balasan registrasi dari pihak BPJS Kesehatan. Biasanya BPJS Kesehatan akan mengirimkan nomor virtual account lewat e-mail. Silakan cek e-mail secara berkala dan cetak lampiran tersebut. Caranya dengan membuka email kamu yang telah dikirimkan oleh pihak BPJS. Jika kamu tidak menemukan email masuk, kamu bisa periksa spam folder atau junk. Pada tahap ini proses online sudah selesai, kamu tinggal melakukan pembayaran ke bank. Tombol e-ID sudah dapat diunduh setelah melakukan pembayaran.

5. Proses Pembayaran Iuran

Kamu bisa membayar lewat bank atau kantor pos. Jangan lupa bawa nomor virtual account saat hendak membayar kepada petugas. Setelah pembayaran selesai dilakukan, silakan cetak dan simpan setiap bukti pembayaran dan kamu sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan.

6. Pengambilan Kartu BPJS Kesehatan

Setelah kamu menerapkan cara daftar BPJS kesehatan online, kamu bisa mengambil kartu tersebut di kantor cabang terdekat di tempat tinggalmu. Berikan berkas seperti formulir pendaftaran, nomor virtual account, serta bukti pembayaran kepada petugas.

Cara Berobat dengan BPJS Kesehatan Di Rumah Sakit

Berobat dengan BPJS Kesehatan

Jika suatu hari kamu sakit dan harus berobat, kamu bisa langsung menggunakan BPJS kesehatan yang sudah aktif. Caranya mudah, yakni sebagai berikut:

1. Datangi Faskes 1 (Puskesmas) sesuai dengan data di BPJS kesehatan kamu untuk berobat dan lakukan pemeriksaan.
2. Kalau setelah pemeriksaan ternyata Faskes 1 menganjurkan kamu untuk berobat ke rumah sakit, maka mintalah surat rujukan (akan tetapi surat rujukan ini tidak berlaku untuk peserta yang dalam kondisi darurat).
3. Langsung pergi ke rumah sakit sesuai dengan surat rujukan dari Faskes 1.
4. Saat berobat di rumah sakit rujukan, peserta BPJS kesehatan harus membawa beberapa berkas berikut:
+  Kartu BPJS Kesehatan yang asli serta fotokopinya.
+  Fotokopi KTP peserta yang masih aktif.
+  Fotokopi Kartu Keluarga.
+  Fotokopi Surat Rujukan yang diberikan Faskes.

Dengan banyaknya syarat tersebut diatas, Indoservice hadir untuk memberikan pelayanan dalam menangani kegiatan pendaftaran bpjs kesehatan bagi karyawan anda, kami dapat membantu dalam seluruh pengurusan yang berkaitan dengan seluruh hal tersebut diatas. Percayakan pekerjaan tersebut kepada kami, kami akan menyelesaikannya dengan baik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Hubungi kami untuk dapatkan harga terbaik!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat